BU RATNA : Pokja 3 Bidang Pertanian TP PKK Desa

Minggu, 02 Februari 2020 Perwakilan sejumlah Pemuda yang tergabung di organisasi PARIS (Persatuan Pemuda Pasiripis) mengunjungi Salah satu Perempuan Tani di wilayahnya. Sebuah kampung yang berada di wilayah kedusunan III Desa Gunungguruh ini memiliki keunikan tersendiri. kegiatan memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertani berbagai komoditas sayuran dan tanaman memang menjadi ciri khas kampung tersebut.

Pemuda PARIS di Kediaman Bu Ratna

Bu Ratna salah seorang ibu 3 anak ini yang berprofesi sebagai Petani salah satu warga kampung pasir ipis yang merupakan salah satu Pengurus PKK Desa Pokja 3 Bidang Pertanian. Selain mengurus rumah tangganya ia memfokuskan diri untuk Bertani di sekitar pekarangan rumahnya dan Kegiatan Bertani ini sudah digeluti sejak tahun 1990an hingga sekarang.

Jenis pertanian yang ia tanam diantaranya : Cabai Rawit, semangka, Strawberry, Cikur, dan yang lainnya. Bahkan di Tahun 2019 ia mengikuti perlombaan Pertanian di wilayah nya, ia berhasil meraih juara pertama dengan kategori Satu Pohon Cabai Rawit dengan jumlah cabai terbanyak. “Ungkap, Ratna”

Strawberry

Pekarangan  Bu Ratna

Semangka

Cabai

 

 

 

 

 

 

 

Menurut Ketua TP PKK Desa Gunungguruh Indri Purnama mengatakan, bahwa dipilih nya Ratna sebagai pengurus Pokja 3 Bidang Pertanian berdasarkan hasil pengamatan di lapangan. Selain itu sesuai dengan agenda Pemerintah Desa yang memiliki program di Bidang Pertanian. sehingga dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang bisa mengelola dan berkomitmen untuk mengembangkan komoditas pertanian bagi ibu-ibu khususnya. “Ujar, Indri”

Di tempat yang sama, Sandi salah satu anggota dari PARIS mengatakan bahwa aktifitas pertanian dengan cara memanfaatkan pekarangan rumah di kampung pasiripis sangatlah banyak. Dengan adanya saluran irigasi yang mengalir di sepanjang perkampungan pasir ipis berhasil dimanfaatkan oleh warganya. Maka Potensi tersebut perlu menjadi skala Prioritas bagi Pemerintah Desa khususnya untuk mengembangkan pertanian di wilayah nya. “Pungkas, Sandi”

Kedepan Ketua TP PKK Desa Gunungguruh mengupayakan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di wilayah Desa Gunungguruh khususnya kaum perempuan, salah satu nya adalah Pembentukan Kelompok Wanita Tani. KWT tersebut nanti akan di berikan fasilitas pertanian dengan berbagai jenis komoditas tani yang dapat dipasarkan dengan mudah. selain itu, tak hanya fasilitas nya saja yang diberikan melainkan pendampingan oleh salah satu Pegiat Perempuan Tani pun akan dilakukan. karena apabila Fasilitas tanpa dibarengi dengan kerja-kerja pendamping ia khawatir program tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Ia berharap kedepan, perempuan-perempuan di wilayah desa gunungguruh bisa memanfaatkan potensi sesuai wilayahnya masing-masing. Sehingga kesejahteraan keluarga dapat segera tercapai. “Tutup, Indri” / (Csr_red)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan