Gunungguruh.desa.id – Hamparan Tanaman Sayur nan hijau menghias disamping pelataran ladang masyarakat. Keindahan Nampak terlihat ketika memasuki area Kebun Sayur Citengas, Desa Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.

Tak disangka, kebun sayur yang beridiri diatas lahan 50 Are ini dirintis oleh seorang inisiator Petani Milenial Desa Gunungguruh, Maulana Yudha Nugraha, Kamis (04/02/2021).

Menurutnya. Awal mula terbentuknya kebun sayur citengas tersebut berawal dari keresahan anak muda yang mayoritasnya menganggur, karena sulitnya untuk mencari pekerjaan. kemudian berfikir dan berdiskusi bersama teman-teman dari aktifis mahasiswa serta organisasi Sekti Muda Sukabumi, Alhamdulillah bisa memanfaatkan lahan sebaik mungkin sehingga kebun sayur Citengas ini bisa menjadi penyuplai sayuran hijau ke berbagai wilayah khususnya daerah Kabupaten Sukabumi dan menjadi produk unggulan desa Gunungguruh.

“Berawal dari diskusi bersama teman-teman, tentang potensi SDM dan SDA yang berada diwilayah Desa Gunungguruh. Alhamdulillah Hamparan Sayuran Hijau menjadi jawaban atas keresahan yang ada. Dan bisa dilihat hasilnya,” ujarnya.

Disamping itu, Kepala desa Gunungguruh, Panji Purnama mengatakan pihaknya sangat mensupport kegiatan petani millennial tersebut, ia akan terus berupaya untuk mengakses bantuan dari dinas pertanian kabupaten sukabumi.

Dan tentunya ia berharap, proses regenerasi pertanian menjadi keniscayaan bagi pemerintah desa Gunungguruh. Mengingat lumbung pangan ada di Desa Gunungguruh belum tercukupi secara maksimal,

Kemudian Ia memiliki cita-cita besar agar masyarakat desa gunungguruh mengkonsumsi beras dan menu makanannya asli produk desa. Dengan adanya Pengembangan Ekonomi UMKM ini, mudah-mudahan rakyat bisa berdaya dengan adanya pembinaan dan pendampingan yang maksimal untuk kedepannya.

Bagikan Berita