Gunungguruh.desa.id – Karangtaruna Desa Gunungguruh ikut memeriahkan acara opening Kemenparekraf RI yang diselenggarakan pada hari Rabu, 04/11/2020 di Wisma Kinasih-Selabintana.  Pada kesempatan ini Karangtaruna Desa Gunungguruh mengirimkan 3 (tiga) orang penari yang dipilih dari kalangan muda dengan rata-rata berumur 15-20 Tahun. Selain itu para penari ini merupakan pontensi yang dimiliki oleh Desa Gunungguruh dan kedepan diharapkan dapat difasilitasi lebih lanjut agar potensi yang dimiliki dapat berkembang. Adapun jenis tarian yang ditampilkan yaitu jenis tarian tradisional dengan diiringi lagu mojang priangan. Acara ini disaksikan oleh para pejabat tingkat Kementerian hingga daerah, ketua komisi X, serta pelaku Parekraf se-Kab. Sukabumi.

Menurut MCM “Era Pandemi Covid 19 menjadi tantangan sekaligus kesempatan yang sangat baik bagi pelaku parekraf. Ditengah ancaman terkesan Pandemi Covid, seluruh masyarakat Indonesia disarankan untuk diam dirumah saja. Menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku parekraf, dimana mereka menggantungkan diri pada cara-cara konvensional untuk memasarkan produknya. Seperti halnya Sukabumi, masih banyak pelaku parekraf yang menggantungkan diri di sektor wisata Sukabumi Selatan. Maka dengan adanya kegiatan bimtek ini, diharapkan para pelaku parekraf dapat mengoptimalkan pasar digital, semua jenis produk dan potensi yang menghasilkan perputaran ekonomi masyarakat bisa diaksés dan berputar di pasar digital” tuturnya.

MCM Menambahkan  “Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya, penampilan tarian tradisional, sambutan2, serta materi yang disampaikan langsung oleh Kemenparekraf RI” tuturnya.

Ketua Komisi X mengapresiasi potensi seni tradisional yang dibina oleh karangtaruna desa gunungguruh. Ia berharap potensi-potensi yang ada di desa terus dikembangkan.  “Semoga bisa konsisten dan patut untuk dilestarikan ditengah ancaman arus perubahan budaya” ungkapnya.

Seni tari yang dibina oleh karangtaruna Gunungguruh merupakan salahsatu potensi yang ada di Desa Gunungguruh yang nantinya bisa mengharumkan sekaligus mengangkat nama baik Desa Gunungguruh.

Bagikan Berita