Berdasarkan Surat Edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Desa Tanggap Covid 19 yang ditindaklanjuti dengan pembentukan Relawan Desa Lawan Covid 19. Adapun Struktur Relawan Desa Tanggap Covid 19 sebagai berikut :

  1. KetuaKepala Desa Gunungguruh
  2. Wakil Ketua : Ketua BPD

Anggota :

  1. Perangkat Desa
  2. Anggota BPD
  3. Kepala Dusun
  4. Ketua RW/RT
  5. KarangTaruna Desa
  6. PKK
  7. Bidan Desa
  8. Tokoh Agama
  9. Tokoh Masyarakat
  10. KPMD

Mitra :

  1. Babinkamtibmas
  2. Babinsa
  3. Pendamping Desa

Pada hari Jum’at 27 Maret 2020 Tim Satgas Covid 19 Desa Gunungguruh kegiatan Penyemprotan Disinfektan di kantor Desa Gunungguruh serta fasilitas umum lainnya. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk ikhtiar waspada agar terhindar dari Covid 19 dikarenakan Kantor Desa banyak dikunjungi oleh banyak orang.

Penyemprotan Disinfektan di Kantor Desa

Pemerintah Desa Gunungguruh gencar melakukan kegiatan sosialisasi mengenai ciri-ciri dan antisipasi Virus Corona atau yang dikenal dengan istilah Covid 19 kepada masyarakat. Tim Satgas Covid 19 Desa secara door to door dan via Media Social mengajak agar masyarakat Desa senantiasa menjaga PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) salah satunya dengan mencuci tangan hendak pulang dari luar rumah.

Tak hanya itu, Kepala Desa Gunungguruh mengatakan bahwa pihaknya berpesan kepada warga masyarakat desa agar terus memperbanyak Berdo’a kepada Allah Swt agar seluruh masyarakat Desa Gunungguruh terhindar dari penyebaran Covid 19 dan meningkatkan kewaspadaan namun tidak harus disertai rasa panik berlebihan. Ia mengajak kepada seluruh warga masyarakat desa untuk Stay at Home apabila tidak ada keperluan mendesak, dikarenakan penyebaran covid 19 ini tidak bisa dianggap enteng.

Kemudian ia menghimbau apabila ada warga dari Luar Kab/Kota khususnya yang termasuk zona merah dan yang dari luar negeri memasuki Wilayah Desa Gunungguruh untuk melapor diri ke TIm Satgas Covid Desa yang selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan ke Puskesmas setempat. “Pungkas, Panji”. 

Bagikan Berita