Gunungguruh.desa.id – Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam Sukabumi di Desa Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh membuat berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat. Salah satunya memberikan edukasi terkait sampah baik pengelolaannya ataupun pemilahaannya, Minggu (31/01/2021).

Program edukasi tersebut dilaksanakan karena sebagian kecil warga desa Gunungguruh masih kurang dalam edukasi persampahan, seperti masih banyak warga yang membakarnya.

Menurut salah satu anggota mahasiswa KKN, Rofiq mengatakan edukasi ini merupakan upaya saling mengingatkan kepada warga atas pentingnya pengelolaan sampah agar terwujudnya lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah.

“Program monodisplin ini dilaksanakan sebagai edukasi sampah sejak dini, dan membawa sampah an-organik ke bank sampah serta pemanfaatan sampah organic melalui metode Takakura dan Biopori untuk sampah organic sekala rumahan,” ujarnya.

Harapannya, kesadaran atas pentingnya pengelolaan sampah dan tidak membuang sampah sembarangan terus tumbuh agar terwujudnya desa Gunungguruh yang bersih dan bebas dari sampah.

“Kami mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga lingkungan ini dengan rapih, memilah sampah organic dan non organik. Semua akan bisa apabila semuanya ikut berkontribusi bersama,” tutupnya.

Bagikan Berita