Gunungguruh.desa.id –   Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAI Sukabumi beserta santri yang berada di desa Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, manfaatkan lahan kosong dengan menanam bibit sorgum di area lahan pondok pesantren, Selasa (26/01/2021).

Tujuan penanaman sorgum tersebut agar terciptanya ketahanan pangan pengganti beras, yang mana sorgum ini setara dengan makanan pokok yang bisa dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Menurut salah satu mahasiswa KKN, Hanifah mengungkapkan penanaman sorgum tersebut merupakan satu upaya yang perlu dikenalkan kepada masyarakat, dan hari ini kami mahasiswa kkn dan santri mulai menanamnya di pelataran lahan pesantren.

“Upaya penanaman sorgum ini nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat, khusunya kyai dan santri. Dikarenakan stok kebutuhan pokok seperti nasi udah mulai berkurang, dikarenakan banyak yang gagal panen karena kekeringan,” ujarnya.

Disamping itu, pimpinan Pondok Pesantren, ust. yusuf menyambut baik penanaman sorgum tersebut. dengan harapan nantinya sorgum ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Ucapan terimakasih kepada mahasiswa KKN yang menjadi pelopor penanaman sorgum tersebut.

“Alhamdulillah kami selaku Pimpinan Pondok Pesantren menyambut baik penanaman sorgum ini, mudah-mudahan kedepannya bisa tumbuh bagus,” sahutnya.

Bagikan Berita