Gunungguruh.desa.id – Untuk mengoptimalisasi pengumpulan zakat, infak dan sedekah, Pemerintah Desa gunungguruh Kecamatan gunungguruh Kabupaten Sukabumi, libatkan mahasiswa KKN STAI Sukabumi dalam melakukan sosialisasi pembentukan UPZ Desa Gunungguruh Kepada 14 DKM Masjid sedesa Gunungguruh, Rabu (02/02/2021).

Kepala Desa Gununggururuh yang di wakili Sekretaris Desa, Risa Muarifah menuturkan, sosialisasi ini digelar untuk merealisasikan peran masjid sebagai institusi umat sangat strategis. Disamping tempat melaksanakan shalat berjamaah masjid juga memiliki fungsi sebagai unjung tombak pengelolaan zakat.

“Sesuai UUD semua masjid sudah bisa dibentuk UPZ, sudah ada regulasi yang mendukung. UPZ mengumpulkan zakat dari masyarakat, digunakan oleh dan untuk masyarakat , nantinya harus dilaporkan kepada Pengurus UPZ Desa terlebih dahulu” ujarnya.

Lanjutnya, hasil sosialisasi terhadap 14 DKM masjid tersebut. akan segera di koordinasikan dengan pihak desa untuk ditindak lanjuti agar pembentukan Pengurus UPZ desa  segera di realisasikan.

“langkah tersebut tentunya dibantu oleh adik-adik mahasiswa yang kebetulan sedang KKN di desa Kami, semoga hasil sosialisasi tersebut bisa secepatnya di bentuk UPZ desa,” sahutnya.

Disamping itu, salah satu pengurus DKM Masjid menyampikan, salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan umat untuk berzakat dapat dilakukan dengan meningkatkan peran DKM Masjid. Oleh karena itu, pendirian UPZ berbasis masjid adalah upaya tepat yang harus di dukung oleh pengurus DKM masjid yang lainnya.

Bagikan Berita