gunungguruh.desa.id – Minggu, 27 Oktober 2019 merupakan peristiwa yang bersejarah bagi setiap padepokan Silat yang ada di Desa Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. Pemerintah Desa Gunungguruh mengalokasikan Dana Desa nya melalui kegiatan Sosialisasi dan Pasanggiri bagi setiap padepokan Silat yang ada di Desa Gunungguruh.

Pemberian Hadiah Juara Umum oleh Ema Awaliyah selaku PJS Kepala Desa Gunungguruh

Ema Awaliyah selaku PJS Kepala Desa Gunungguruh menilai bahwa salah satu potensi yang ada di Desa Gunungguruh yakni adanya Padepokan Silat yang aktif mengikuti setiap kegiatan perlombaan/pasanggiri hingga tingkat Kabupaten. Potensi ini dilirik oleh Pemerintah Desa Gunungguruh melalui kegiatan Sosialisasi dan Pasanggiri yang melibatkan seluruh Padepokan Silat di Desa Gunungguruh. Adapun kegiatan ini menggunakan Dana Desa Tahap II Tahun 2019 bekerja sama dengan Pengurus Karang Taruna Gemuruh dan Pengurus PPSI serta IPSI Kabupaten Sukabumi. “Ungkap, Ema”

Tujuan dari kegiatan Pasanggiri ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan motivasi yang diberikan oleh Pemerintah Desa Gunungguruh kepada seluruh padepokan untuk senantiasa terus melatih anak didiknya. Potensi Seni Budaya. Mengingat pentingnya Pembinaan terhadap Padepokan Silat sangat penting, maka ia berpesan bagi siapapun Kepala Desa Gunungguruh kedepan maka harus Peduli terhadap Potensi Seni yang ada di Desa Gunungguruh. “Tegas, Ema”

Penampilan salah satu Padepokan

Menurut Ketua Karang Taruna Gemuruh yang akrab disapa “Kang Jefry”, Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi sekaligus penjaringan potensi yang ada di Desa dalam Bidang Seni Budaya. Dari Anak usia 5 tahun hingga 18 tahun diikutsertakan oleh setiap padepokan dalam pasanggiri kali ini, tentunya keterlibatan Pengurus Karang Taruna sangat penting untuk membantu Pemerintah Desa dalam hal Inventarisir Potensi sekaligus Penguatan Kelembagaan Seni. “Tambah, Jefry”

Dalam kesempatan yang sama Camat Gunungguruh Erry Erstanto turut menghadiri kegiatan Pasanggiri Antar Padepokan Se-Desa Gunungguruh. meskipun kegiatan dilaksanakan di harilibur, kami selaku pemerintah kecamatan gunungguruh sangat apresiasi terhadap Pemerintah Desa dan Karang Taruna Gemuruh yang konsisten dalam melestarikan Seni Budaya Sunda. Sebagai komitmen Pemerintah Kecamatan Gunungguruh, ia mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan fasilitasi dalam hal kegiatan pembinaan bahkan pengembangan Sarana Prasarana Kesenian yang ada di Desa Gunungguruh. “Tegas, Erry”

Tamu Undangan

Selaku Ketua IPSI Kecamatan Gunungguruh yang dikenal dengan Bah Endo, ia sangat bangga di Zaman secanggih ini masih ada Pemuda yang peduli terhadap pelestarian kesenian dan kebudayaan tradisional. bahkan ia menyatakan kesiapan untuk memfasilitasi Padepokan-padepokan yang ada di wilayah Kecamatan Gunungguruh dalam hal Pembinaan. Ia akan semaksimal mungkin melibatkan Stakeholder yang ada di level Kecamatan bahkan level kabupaten demi kemajuan Seni Budaya Tradisional di  Kecamatan Gunungguruh. “Imbuhnya, Endo” 

Kedepan perlu adanya Kegiatan yang berkelanjutan demi kemajuan Potensi Seni Budaya yang ada di masyarakat Desa Gunungguruh. Tak hanya itu, adanya Kebijakan serta anggaran terkait pengembangannya akan diakomodir  oleh Pemerintah Desa.

Diawali dengan adanya kesepakatan antar warga masyarakat terkait perencaan pembangunan Desa sehingga Bidang Seni Budaya bisa ditetapkan sebagai salah satu Produk Unggulan yang ada di Desa Gunungguruh. “Ungkap, Ema”

(Moch. Caesar Maulana-Red)

Bagikan Berita