Gunungguruh.desa.id-Pada Hari Selasa, 17-18 Oktober 2018 Kecamatan Gunungguruh melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Badan Permusyawaratan Desa Se-Kecamatan Gunungguruh di Aula Desa Gunungguruh.

(Kepala Desa Se-Kecamatan Gunungguruh)

Kegiatan ini mengundang seluruh Kepala Desa, BPD (Badan Permusyawaratan Desa), Kepala Dusun (Kadus), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta unsur Perempuan Se-Kecamatan Gunungguruh.  Turut hadir Sekmat Gunungguruh Yayan Suryana memberikan sambutan sekaligus membuka acara.  Dalam kegiatan ini, kami mengundang narasumber dari DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten Sukabumi dan Assosiasi BPD Kecamatan Cisaat. “Ujar Yayan”.

Ada beberapa issu strategis yang dibahas dalam kegiatan ini, diantaranya Sosialisasi mengenai Perbup nomor 15 Tahun 2018 tentang Badan Permusyawaratan Desa dan Sosialisasi mengenai pelaksanaan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa Serentak).

Menurut Eka Nandang DPMD kabupaten sukabumi, mengatakan pentingnya harmonisasi antar pemerintah desa, bpd dan lembaga yang ada didalamnya. Hal ini akan berdampak pada roda pemerintahan desa dan menjadi indikator salah satu suksesnya Pembangunan Masyarakat dan Desa.

Selain itu, Sosialisasi Peraturan Bupati tentang Badan Permusyawaratan Desa nomor 15 Tahun 2018 di sampaika oleh Khodan dari DPMD Kabupaten Sukabumi. Menurut Khodan ada 4 hal yang terpenting dalam perbup kali ini, diantaranya caon anggota bpd harus menyertakan persyaratan SKCK dari Polres setempat, Surat Keterangan Sehat dari RSUD setempat, Surat bebas dari tindakan pidana dari Kejaksaan, Surat Bebas Narkoba dari BNN Daerah.

Terlihat peserta forum sangat antusias dalam pertemuan kali ini, beberapa peserta ada yang bertanya tentang penjelasan teknis perbup dan meyampaikan kondisi di lokal masing-masing desa. Sehingga pertemuan kali ini menghasilkan rumusan dan pengetahuan baru bagi Pemerintah Desa dan masyarakat.

 

Bagikan Berita