Gunungguruh.desa.id- Jum’at 01/05/2018 yang bertepatan dengan 17 Ramadhan 1439H Muspika Gunungguruh melaksanakan Agenda Taraweh keliling di Masjid At-Taqwa Kp. Cikarang rt 43 rw 09 Desa Gunungguruh. Kegiatan yang diprakarsai oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kecamatan Gunungguruh merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan pada setiap bulan ramadhan tiba.

 

Menurut Ust. Firman Kegiatan ini dilakukan di 7 Masjid Jami yang berada di wilayah Kecamatan Gunungguruh. Hal ini dilakukan sebagai ajang silaturahim antara Umara dengan masyarakat sekaligus untuk mengetahui bagaimana kondisi ummat di Bulan Ramadhan. Adapun Muspika yang mengikuti kegiatan ini antara lain : Camat Gunungguruh, MUI Kecamatan, Kepala Kua Gunungguruh, BAZ Kecamatan, Danramil Gunungguruh, Kapolsek Gunungguruh, BKPRMI, dan DMI Kecamatan Gunungguruh. Tambahnya”

Seperti biasa persiapan kegiatan Taraweh Keliling dimulai dari jam 16.30, seluruh muspika berkumpul di satu tempat. Adapun titik kumpul kali ini bertempat di Rumah Hj. Tati Kusniawati selaku Kepala Desa gunungguruh. Sambil menunggu datangnya adzan magrib pra muspika bincang-bincang perihal keadaan Masyarakat di wilayah Desa Gunungguruh. Setelah itu Buka Bersama dan sholat magrib mereka melanjutkan perjalanannya menuju Masjid Jami At-Taqwa Cikarang guna melaksanakan Sholat Isya  dan Sholat Taraweh Berjama’ah.

 

Disinilah keharmonisan antara Umara dengan masyarakat terbangun, Karena selain kegiatan Taraweh  dilanjutkan dengan Dialog bersama Muspika. Kegiatan Dialog ini diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Muallim Ahmad Badri selaku Ketua DKM At-Taqwa. Lalu dilanjutkan dengan beberapa samabutan dari para Muspika, sebagai salah satu bentuk Sosialisasi Kinerja dan Programatik lainnya.

Dalam Sambutannya, Erry Susantyo, S.Ip selaku Camat Gunungguruh mengataka betapa bahagianya bias berkumpul bersama masyarakat desa gunungguruh. Karena baginya, Taraweh kalini merupakan taraweh pertama yang dilakukan bersama msayarakat, meningat tahun pertama pula ia menjabat sebagai Camat Gunungguruh. Selain itu ia juga memperkenalkan seluruh Unsur Muspika yang hadir serta mengajak kepada masyarakat untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada bulan Suci Ramadhan.

Mengingat betapa pentingnya Masjid untuk memiliki Sertifikat Wakaf, Kepala KUA Kecamatan Gunungguruh menghimbau bahwa seluruh masjid-masjid di wilayah Kecamatan gunungguruh harus bersertifikat. Karena tidak sedikit kasus sengketa tanah yang terjadi di kalangan masyarakat, sehingga ia berharap keasadaran hukum di masyarakat itu tumbuh dengan memproses sertifikat wakaf tanahnya ke Kantor KUA Kecamatan Gunungguruh. Selain itu, dengan adanya sertifikat tersebut maka kepastian hukum masjid dapat terjaga keamanannya.

Ibadah di Bulan Ramadhan selain berupasa selalu diiringi dengan pelaksanaan zakat fitrah, menurut Kepala BAZ Kecamatan Gunungguruh Ustad. Aep Saepudin mengatakan bahwa pentingnya umat untuk menunaikan zakat fitrah. Selain zakat merupakan sebuah kewajiban seorang muslim untuk menyucikan dirinya. Proses pengelolaan zakat pertama kali di kumpulkan oleh DKM lalu di setorkan kepada BAZ Kecamatan. Seluruh pemasukan dari masyarakat dibagikan kembali kepada yang berhak seperti amilin zakat dan yang lainnya. Ucapnya.

Menurut Kapolsek Gunungguruh Bpk Wahyudi segala bentuk Kejahatan dan keresahan di masyarakat pada Bulan ramadhan masih saja terjadi pasti. Seperti halnya permainan anak-anak yang mengakibatkan tawuran antar warga dan hal  lainnya. Mengingat Bulan Ramadhan merupakan Bulan yang Suci maka ia mengajak kepada seluruh warga Desa Gunungguruh Khususnya kampung Cikarang untuk senantiasa waspada dan turut serta menciptakan situasi yang aman dan tentram. Tegasnya”

Semoga Ramadhan kali ini dapat menghantarkan kita menjadi pribadi yang kembali pada Kesucian, menyambut Hari kemenangan dengan penuh kebahagiaan. (Moch. Caesar Maulana)

Bagikan Berita