Gunungguruh.desa.id – seni kaligrafi merupakan sebuah seni tulisan Bahasa Arab yang memiliki estetika yang sangat indah, sehingga perlu sekali untuk dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda, seperti halnya yang dilakukan oleh nasrudin kepada anak-anak santri yang mengajarkan berbagai jenis tulisan kaligrafi sesuai dengan kaidah dan nama tertentu, kegiatan tersebut berlangsung di Rumah yang mengajarkan kaligrafi, Jum’at – 17/01/2021.

Menurut Nasrudin Al Munawwar (sekretaris MUI Desa Gunungguruh) “kegiatan penulisan kaligrafi ini harus dilestarikan. Sebagai kaum Muslim kita diajarkan untuk bisa menulis menggunakan tulisan arab, dan bernuansa estetik, juga kita semua penting membangun generasi yang berakhlakul karimah dan memiliki jiwa seni yang memadai menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua” tuturnya.


Menurut Fazri (santri yang menekuni dunia kaligrafi) “saya hobby dalam penulisan kaligrafi sejak duduk di Madrasah Diniyyah Takmiliyah Awaliyah Al Mamudiyyah, Cikarang. Alasan Ia menekuni Dunia Kaligrafi berpedoman pada mahfudzot yang berbunyi “”Inn Allaha Jamaalun, Wa Yuhibbul Jamal””. Yang artinya Sesungguhnya Allah Maha Indah, dan mencintai keindahan. Ia berpedoman kepada generasi muda agar tidak berhenti belajar kaligrafi” tuturnya.

Dalam dunia seni kaligrafi, terdapat berbagai kategori penulisan menurut ciri khas daerah asalnya diantaranya : Khot Naskhi, Khot Tsuluts, Khot Dhiwani, Dhiwani jali, Khot Riq’ah, alfarisi, koufi dan yang lainnya.

Bagikan Berita