Gunungguruh.desa.id – Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Menggelar sosialisasi zakat, infaq, dan sedakah di Aula Kantor Desa Gunungguruh, (15/04/2020).

Kegitan tersebut dihadiri Kades Gunungguruh (Panji Purnama), Camat Gunungguruh (Ading, S. Sos), Ketua UPZ Baznas Kecamatan (Saepulloh), Ketua DMI Kecamatan, Muspika Kecamatan, Babinsa, serta Ketua DKM sekecamatan Gunungguruh.

Dalam sambutannya, Kades Gunungguruh sebagai tuan rumah kegiatan sosialisasi, Panji Purnama mengatakan melalui kegiatan sosialisasi zakat, infaq, dan sedekah dapat membekali peserta dengan selebaran dari Al-qur’an dan hadist Rasulullah SAW dan penjelasannya mengenai jenis-jenis zakat selain fitrah pada bulan suci ramdhan.

Menurutnya, keberadaan UPZ Baznas di kecamatan Gunungguruh telah membuktikan kinerja yang sangat bagus, dan amanah.

“UPZ Baznas  Kecamatan Gunungguruh telah banyak membantu Pihak Kecamatan Serta Pemerintah Desa dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat yang disalurkan oleh pembayar zakat kepada Baznas, dan diteruskan kepada pihak yang pantas menerimanya dalam berbagai program, seperti bedah rumah, zakat door to door kepada fakir miskin dan lainya,” Ucapnya.

Atas usaha yang telah dilakukan UPZ Baznas Kecamatan Gunungguruh ini, ia sangat berterimakasih karena sudah membantu Pemerintah Desa dalam pengentasan kemiskinan.

Sementara ketua UPZ Baznas Kecamatan Gunungguruh, Saepulloh mengatakan zakat adalah ibadah yang memiliki posisi yang strategis baik dari aspek keagamaan, social, ekonomi, dan kesejahtraan masyarakat.

“Strategi peran ini dinyatakan dalam Al-qur’an dan Hadist, Serta tercatat dalam sejar Islam. Hikmah dari sejarah tersebut seharusnya menjadi pelajaran yang berharga bagi kita untuk menjadikan zakat sebagai sarana untuk mewujudkan kesejahtraan masyarakat dan menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan ekonomi umat,” ujar Saepulloh.

“Lewat sosialisasi zakat ini, kita mengingatkan bahwa perintah zakat itu wajib, dan mari belajar untuk mulai memberi jauhkan diri kita dari rasa ingin diberi, karena Allah akan selalu membalas kebaikan yang telah kita lakukan,” lanjutnya.

Selain kegiatan sosialisasi, Pihak UPZ Baznas memberikan alat kebersihan, desinfektan, masker, agar seluruh masyarakat umumnya terhindar dari wabah Covid-19.

Bagikan Berita