gunungguruh.desa.id-Pemerintah Desa Gunungguruh telah menetapkan prioritas penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2018. berdasarkan pertimbangan ajuan dari masyarakat disaat Musyawarah Dusun hingga musrembangdesa, ditetapkanlah untuk tahap 2 (dua) dana desa digunakan untuk prioritas pembangunan Jalan Trans Malingping-Cikarang yang bertempat di Kp. Cikarang rt 43 rw 09 Desa Gunungguruh.

Monev kegiatan pembangunan Deni Hendrawan (PDTI), Wangsa (PLD) dan Rani GS (PDP)

Menurut Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD) Gunungguruh Aceng Kurnia mengatakan, pembangunan jalan trans-malingping ini menggunakan desaign rabat beton dengan 2 jembatan sepanjang 200m dan lebar 1,2m. sebelum pembangunan dilakukan tpkd telah konsultasi dengan Pendamping Desa Tekhnik Insfrastruktur Deni Hendrawan.

pembangunan jalan ini menjalankan Program Padat Karya Tunai, sehingga masyarakat setempat terlibat penuh untuk mensukseskan kegiatan ini. sehingga diharapkan masyarakat mendapatkan pekerjaan yang bersumber dari dana desa. “Ujar, Aceng”.

Awalnya, banyak masyarakat yang mengeluhkan terkait tidakadanya akses pengangkutan hasil tani, anak sekolah, buruh pabrik, tukang ojeg dan yang lainnya. Mengingat pentingnya harus ada jalan penghubung antara Malingping dan cikarang agar menjawab kebutuhan masyarakat.

sehingga Panji Purnama menginisiasi adanya pertemuan dengan masyarakat untuk membahas hal tersebut.  setelah adanya pertemuan tersebut akhirnya disepakati Pembangunan Jalan Trans Cikarang-Malingping ini menjadi prioritas di wilayah Kadus III Cikarang.

“seluruh ajuan dari masyarakat saya pertimbangkan terlebih dahulu seberapa besar dampaknya terhadap kegiatan ekonomi masyarakat khususnya, setelah itu baru saya kawal dalam musyawarah desa hingga adanya penetapan. Jalan Trans-Malingping inlah salah satu hasilnya” Tegas, Panji.

Hal ini menjadi terobosan baru (inovasi) dalam bidang pembangunan, dikarenakan adanya partisipasi hibah tanah dari masyarakat untuk jalan tersebut. partisipasi dari masyarakat inilah yang menjadi penting demi sukseskan pembangunan yang didanai oleh Dana Desa.

Bagikan Berita